Monday, November 6, 2017

Beberapa Definisi Manajemen Menurut para Ahli

Definisi Manajemen
Dalam KBBI versi online, istilah manajemen diartikan sebagai penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Definisi tersebut cukup sederhana untuk menggambarkan luasnya cakupan manajemen. Namun pengertian ini secara jelas menyiratkan bahwa manajemen berarti bagaimana sasaran dan tujuan dapat dicapai melalui penggunaan yang efektif dan efisien berbagai macam sumber daya yang dimiliki. Bagaimana mengelola sumber daya tersebut sehingga visi dan misi yang sudah dirumuskan bisa tercapai.

Selain definisi secara harfiah, kata manajemen memiliki banyak definisi menurut para ahli. Beberapa definisi manajemen menurut para ahli antara lain sebagai berikut.

Definisi Manajemen Menurut Soegito
Soegito (2013: 22) berpendapat bahwa bahwa pengertian manajemen mengandung tiga dimensi pokok, yaitu (1) dalam manajemen terjadi kegiatan yang dilakukan oleh pengelola bersama orang lain atau kelompok, (2) menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan bersama dan melalui orang lain itu mempunyai tujuan yang akan dicapai, dan (3) pengelolaan itu dilakukan dalam organisasi sehingga tujuan yang akan dicapai merupakan tujuan organisasi.

Definisi Manajemen Menurut Purwanto
Purwanto (2006: 19-21) menjelaskan bahwa manajemen mempunyai arti yang luas, dapat berarti proses, seni ataupun ilmu. Dikatakan proses karena dalam manajemen terdapat beberapa tahapanuntuk mencapai tujuan. Dikatakan seni karena manajemen merupakan suatu cara atau alat yang digunakan oleh manajer untuk mencapai tujuan. Di mana penerapan dan penggunaanya tergantung pada masing-masing manajer yang yang sebagian besar dipengaruhi oleh kondisi dan pembawaan manajer. Dikatakan sebagai ilmu karena manajemen dapat dipelajari dan dikaji kebenarannya.

Definisi Manajemen Menurut Bartol dan Martin
Sedangkan Bartol dan Martin (dalam Wukir, 2012: 11) mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan-tujuan organisais dengan melakukan kegiatan-kegiatan dari empat fungsi utama yaitu merencanakan, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan. Pengertian ini kembali menitikberatkan bahwa manajemen adalah proses yang dilaksanakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan melalui berbagai tahapan.

Definisi Manajemen Menurut Terry
Rumusan lain tentang manajemen yaitu suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pebgarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata. Hal tersebut meliputi pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan, menetapkan cara bagaimana melakukannya, memahami bagaimana mereka harus melakukannya dan mengukur efektivitas dari usaha-usaha yang telah dilakukan (Terry, 2005: 1)

Kesimpulan:
Dari berbagai rumusan defisini yang dikemukan para ahli dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen merupakan suatu kegiatan mengelola, mengatur, mengendalikan melalui suatu proses  dan tahapan yang tersusun rapi dalam rangka mencapai tujuan suatu organisasi.

0 comments:

Post a Comment