Monday, November 6, 2017

Fungsi-fungsi Manajemen Menurut para Ahli

Fungsi Manajemen
Terdapat berbagai macam fungsi manajemen yang dirumuskan oleh para ahli. Berbagai rumusan fungsi manajemen tersebut ternyata terdapat perbedaan-perbedaan yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang para ahli sehingga pendekatan yang digunakan tidak sama.

Penyebab lain karena ada perbedaan terminologi diantara para ahli yang menyangkut konsep yang sama (Purwanto, 2006: 46). Berikut ini disajikan beberapa rumusan fungsi manajemen yang disampaikan oleh para hali.

Fayol (dalam Purwanto, 2006: 46) secara sederhana merumuskan fungsi manajemen strategi menjadi lima fungsi penting yaitu planning (merencanakan), organizing (mengorganisasikan), commanding (memerintahkan), coordinating (mengkordinasikan) dan controling (mengontrol).

Sedangkan fungsi yang lebih terperinci disampaikan oleh Gullick (dalam Purwanto, 2006: 46) yang membagi fungsi manajemen menjadi tujuh fungsi, yaitu planning, organizing, starffing, directing, coordinating, reporting, dan budgeting.

Sementara itu, Lee (dalam Purwanto, 2006: 46) sependapat dengan Fayol. Ia merumuskan fungsi manajemen lebih ringkas menjadi lima fungsi, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.

Pendapat berbeda disampaikan oleh Terry (2010: 9), fungsi manajemen dapat dibagi menjadi empat bagian, yakni planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controlling (pengawasan).

0 comments:

Post a Comment